Laporan Akhir RISPAM Tahun 2016-2036

  • Kamis, 15 Desember 2022 - 07:54:37 WIB
  • Superadmin
Laporan Akhir RISPAM Tahun 2016-2036

Pada hari Senin, 5 Desember 2022, bertempat di Ruang Rapat Bappelitbangda Kabupaten Manggarai Barat diselenggarakan Presentasi Laporan Akhir Revisi Rencana Induk Sistem Penyediaan Air Minum Tahun 2016 – 2036 Kabupaten Manggarai Barat. Kegiatan ini untuk mendukung sistem penyediaan air minum di Kabupaten Manggarai Barat.

RISPAM merupakan rencana pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) secara umum, baik sistem dengan jaringan perpipaan maupun bukan jaringan perpipaan serta menjadi pedoman bagi penyelenggara dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam mengembangkan SPAM di daerah masing-masing.

Dokumen RISPAM adalah dokumen perencanaan air minum jaringan perpipaan dan bukan jaringan perpipaan berdasarkan proyeksi kebutuhan air minum pada satu periode yang dibagi dalam beberapa tahapan dan memuat komponen utama system beserta dimensi-dimensinya. Dokumen RISPAM disusun dengan memperhatikan rencana pengelolaan sumber daya air, rencana tata ruang wiayah (RTRW), kebijakan dan strategi penyelenggaraan SPAM (jakstrada), kondisi lingkungan, social, ekonomi dan budaya masyarakat di daerah/wilayah setempat dan sekitarnya dan kondisi kota dan rencana pengembangannya.

Mutu penyelenggaraan Sistem Pengolahan Air Minum di Manggarai Barat sangat dipengaruhi oleh rencana pengembangannya,  oleh karena itu dibutuhkan konsep dasar yang kuat guna menjamin ketersediaan air minum bagi masyarakat sesuai dengan kondisi di kabupaten Manggarai Barat, Rencana Induk SPAM (RISPAM) merupakan jawaban bagi pengembangan sistem penyediaan air minum. Dalam rangka melakukan penyesuain pada Dokumen Rencana Induk SPAM kabupaten Manggarai barat  2016 - 2036 pemerintah Manggarai Barat dalam hal Bappelitbangda Kabupaten Manggarai Barat melakukan Revisi Dokumen Rencana Induk SPAM kabupaten Manggarai Barat 2016 - 2026.

  • Kamis, 15 Desember 2022 - 07:54:37 WIB
  • Superadmin

Berita Terkait Lainnya